Rental Sewa Wheel Loader Banjarnegara Murah

Rental Sewa Wheel Loader Banjarnegara Murah

Pernahkah Anda menggunakan alat berat jenis wheel loader? Bagi Anda yang pernah menggarap proyek pertambangan atau konstruksi, Anda sudah tidak asing lagi dengan wheel loader, alat berat jenis pemuat material yang bekerja bersama dengan dump truck. Wheel loader sangat sering digunakan karena fungsi alat ini memang sangat mempermudah proses penggarapan proyek. Fungsinya yang spesifik dan bermanfaat membuatnya banyak diincar. Kini, kehadiran rental sewa wheel loader Banjarnegara murah menjamin akses Anda untuk menyewa wheel loader tanpa masalah. Dengan demikian, garapan proyek Anda berjalan lancar.


Rental Sewa Wheel Loader Banjarnegara

Mengenal Rental Sewa Wheel Loader Banjarnegara Murah

Wheel loader dikenal sebagai alat berat pengangkut material yang dicirikan dengan roda karet atau ban. Alat ini lazim digunakan untuk mengangkut sekaligus memindahkan material dari satu titik ke titik lain yang terbatas. Hanya saja, untuk mendukung operasinya, wheel loader membutuhkan bantuan dari bulldozer. Sebab tanpa adanya bulldozer, alat ini tidak bisa melakukan stock pilling atau dozing sendiri.

Secara umum, wheel loader mampu beroperasi dan menawarkan sejumlah kegunaan. Beberapa diantara kegunaan utamanya adalah:

  • Finishing yakni menghaluskan atau meratakan permukaan di bidang rata
  • Stripping yakni mengupas tanah biasanya bagian tanah yang jelek
  • Preparing yakni menyiapkan bahan-bahan yang diambil dari lokasi pengambilan material
  • Land clearing yakni membersihkan lokasi pekerjaan atau proyek
  • Stock pilling yakni menimbun kembali galian tanah dengan material yang dikehendaki
  • Displacing yakni menggusur permukaan tanah dengan kedalam tertentu dalam jarak dekat

Kelebihan Wheel Loader

Tidak berbeda dari alat berat jenis lain, wheel loader juga menawarkan serangkaian kelebihan yang membuatnya dilirik untuk melakukan beberapa jenis pekerjaan tertentu.

  • Penggunaan ban karet yang dapat meminimalisir kerusakan pada permukaan loading point sehingga tidak diperlukan upaya perbaikan pasca penyelesaian proyek
  • Memiliki kemampuan maneuver yang lebih sempit di lokasi pemuatan loading point jika dibandingkan dengan alat berat track shovel
  • Memiliki mobilitas yang tinggi alias bisa digunakan dimana saja

Kekurangan Wheel Loader

Namun, wheel loader juga memiliki sejumlah kekurangan yang patut diperhatikan. Namun, terkait kekurangan ini, skill operator juga menjadi faktor yang berpengaruh kuat.

  • Untuk bisa digunakan pada pekerjaan penggalian pondasi ruang bawah tanah, wheel loader memerlukan permukaan loading point yang cukup luas agar bisa bekerja dengan optimal
  • Wheel loader tidak terlalu fleksibel untuk digunakan di daerah proyek dengan karakteristik yang basah dan licin karena penggunaan ban karet pada alat berat ini. Sehingga, wheel loader hanya bisa berfungsi optimal di wilayah proyek yang keras, agak keras dan berbatu.
Bagaimana Wheel Loader Bekerja

Ini dia bagian penting dari wheel loader yang harus Anda ketahui. Untuk bisa beroperasi, wheel loader mengandalkan sistem hidrolik. Mengapa? Hal ini dikarenakan sistem hidrolik memiliki tenaga yang sangat besar. Tenaga inilah yang memungkinkan wheel loader untuk bisa mengangkut dan mengeruk material besar. Kini, kendali hidrolik menjadi sistem pengoperasian yang umum digunakan dibandingkan dengan kendali kabel yang dulu masih lazim digunakan. Wheel loader dapat bergerak dengan sangat leluasan apabila berada di wilayah yang datar. Jika tidak, alat berat ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengoperasiannya.

Pada dasarnya, gerakan dasar bucket wheel loader cukup sederhana. Pertama, wheel loader akan menurunkan bucket hingga menyentuh permukaan tanah. Kemudian, bucket tersebut akan didorong ke dapan untuk menggusur atau memuat material. Lalu, bucket diangkat dan dibawa ke titik yang dikehendaki untuk membuang muatan ataupun memindahkan muatan ke alat angkut seperti truk.

Dalam proses pemuatannya, dikenal beberapa metoda yang berbeda yakni Overhead Loading, Cross Loading, L-Loading dan V-Loading. Jenis metode yang tepat ditentukan oleh kondisi permukaan loading point, jumlah dan berat muatan.

Apakah informasi di atas cukup membantu? Mudah-mudahan dengan informasi mendasar terkait wheel loader yang sudah dibagikan di atas dapat membantu Anda untuk mengenal wheel loader lebih jauh sebelum melakukan pemesanan rental sewa wheel loader Banjarnegara murah untuk menggarap proyek Anda.

Apakah anda berencana ke Yogyakarta? Pastikan menggunakan jasa rental mobil Jogja bila anda menginginkan alat transportasi selama anda berada di kota budaya ini.